Image of Manajemen Kedaruratan Kesehatan Lingkungan dalam Kejadian Bencana

Text

Manajemen Kedaruratan Kesehatan Lingkungan dalam Kejadian Bencana



Setiap terjadi bencana, korban terberat adalah manusia. Bencana selalu berekor pada keruntuhan sistem sosial kehidupan masyarakat jika tidak diantisipasi rangkaian kedaruratan dan gangguan kesehatan masyarakat yang selalu menyusul setelah peristiwa bencana terjadi. Bencana terutama berdampak kepada lingkungan yang tidak lagi optimum untuk mendukung kehidupan sehat masyarakat dan memerlukan penataan yang cermat untuk dapat mengungkit kembali daya dukung lingkungan kepada kehidupan yang sehat bagi masyarakat yang tertimpa bencana.

Buku ini menguraikan langkah-langkah yang dapat dilakukan dengan jalan memahami dan melaksanakan upaya-upaya dalam bidang Kesehatan Lingkungan untuk memulihkan dan melindungi kesehatan masyarakat pada penduduk yang terkena musibah bencana seperti bencana alam, bencana sosial dan paduan kedua bencana itu. Beberapa faktor lingkungan pendukung kesehatan yang kondisinya berpotensi menggoyahkan kesehatan masyarakat diuraikan dan dicarikan alternatif pemecahan masalahnya. Beberapa faktor dimaksud adalah penyediaan air bersih dan air minum, upaya-upaya sanitasi dasar, dan pokok-pokok perencanaan bidang kesehatan lingkungan.

Penguraian dalam buku ini diutamakan kepada pemahaman segi-segi dasar pengetahuan dan latar-belakang  faktor-faktor kesehatan lingkungan tersebut untuk mendukung kesehatan masyarakat sehingga pembaca tidak gamang menghadapi masalah kesehatan masyarakat yang terkait dengan bencana. Melalui buku ini pembaca memperoleh pegangan dan pedoman untuk melangkah berdasarkan pengetahuan akademik bidang Kesehatan Lingkungan untuk mengelola Kesehatan Lingkungan ketika terjadi kedarutan akibat bencana.


Ketersediaan

K01967628 RAC mMy Library (628)Tersedia
K01967 01628 RAC mMy Library (628)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
628 RAC m
Penerbit Rajawali Pers : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
15.5x23 cm, xvi, 268 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789797695538
Klasifikasi
628
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya